Honda NR500

Buat para penggemar balap sepeda motor GP yang fanatik, pastilah mengenal sebuah sepeda motor balap honda yang sangat kontroversial di akhir dekade 70an. Sebuah project ambisius Honda untuk menciptakan mesin balap 4 langkah yang mampu bersaing dengan 2 langkah dengan kapasitas cc yang sama. Fantastis!!
Regulasi balap GP pada tahun 1979 menetapkan kapasitas mesin maksimum yang diperbolehkan adalah 500 ccm dengan membebaskan jenis mesin yang digunakan. Sochiro Honda yang terkenal sebagai “pembenci 2 tak” bersikukuh untuk menggunakan mesin 4 tak,sementara kompetitor lain telah beralih ke 2 tak. Untuk itu Ia membuat sebuah mesin balap ambisius dengan kode NR500.

NR500 memiliki mesin 4 langkah 500 ccm dengan 4 silinder, 4 piston oval dengan total 8 setang piston dan 32 Katup!!! Mesin ini mampu berputar hingga 22000 rpm, hampir 2 kali mesin 2 tak yang lain sehingga secara teori dapat menghasilkan daya indikasi yang seimbang dengan mesin 2 langkah.

Namun ternyata pada musim balap 1979, mesin ini sangat ringkih. Honda adalah satu-satunya tim balap yang memiliki tim mekanik 2 shift. Tim shift siang adalah yang menangani proses di sirkuit seperti latihan, kualifikasi serta balapan. Sementara tim shift malam adalah yang membangun ulang mesin tersebut setiap proses di sirkuit selesai pada hari itu. Sepanjang musim mesin ini pun terus didera berbagai masalah yang membuatnya menjadi tidak kompetitif.

Kegagalan project ini membuat Honda menyerah dan akhirnya memutuskan untuk membuat mesin balap 2 tak dengan kode NS500,yang merupakan leluhur NSR. Dari topik ini ada beberapa poin yang bisa diambil :

1. NR500 adalah sebuah mahakarya dari Honda yang menjadi lambang kebanggaan kemajuan riset Honda pada saat itu.

2. Kira-kira seperti inilah yang perlu dilakukan untuk membuat mesin 4 tak memiliki daya indikasi (Indicated Power) yang sama dengan 2 Tak untuk kapasitas cc yang sama. (Intinya gak mungkin lah yao..)

3. Honda NSR lahir dari kebutuhan balap Honda (HRC),dan bukan dari produksi biasa. Para pemilik NSR bisa berbangga akan hal ini.

 

~ by 17racing on January 5, 2009.

4 Responses to “Honda NR500”

  1. Wow, nice info; thx bro
    tak kusangka sampe secanggih; untuk saat itu kan teknologi ini terhitung sangat mutakhir (sapa yg nyngka c; NSR pake Delta Box aja ud keren banget)

  2. HALLO….IA GW TERTARIK NIH UNTUK BELI MOTOR2RAN BERAPA YAH HARGANGA…BS DIHUBUNGI KE 081289464415

  3. Meski ninja L gw dah ngadopsi superKIPS,tp setiap papasan sama NSR150 gw lebih milih ngendorin betotan gas…mikir dua kali buat nandingin RC-valvenya..

    “salute buat Honda”

  4. kalo mau…honda bisa…

    *sayang di indonesia adanya AHM….spirit racingnya soichiro jadi kurang hehehehe

    salam kenal mas bro!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: