Minerva R150

 minervasmall1

Buat mereka yang kurang familiar, sulit membedakan sepeda motor yang satu ini dengan sebuah Honda CBR150 buatan Honda Thailand. Ya inilah Minerva R150, sebuah sepeda motor asia non-Jepang/Thailand yang dibuat amat mirip dengan produksi Honda tersebut.

Setelah pertama kali melihat sepeda motor ini berada dijalanan umum, keluar rasa keingin-tahuan saya untuk merasakan berkendara diatas motor 150cc ini kemudian membandingkannya dengan Honda CBR150. Dan saya baru bisa merasakan hal itu setelah salah seorang teman saya membeli sebuah Minerva R150 belum lama ini. Berikut adalah 2 poin yang bisa ketahui:

*) Segi Mesin; Saya merasakan getaran mesin yang lebih besar dari CBR150. Tenaga dan torsinya pun kalah responsif dibanding mesin DOHC berpendingin air milik Honda. Tetapi sebagai sebuah sepeda motor comutter, menurut saya torsi yang ada sudah cukup untuk membelah jalan raya ibu kota.

*)Segi Sasis; Kekurangannya adalah suspensi Monoshock belakang yang terlalu empuk, bahkan saya hampir tidak merasakan efek redaman/Damping dari suspensi. Untuk melibas tikungan2 cepat seperti sirkuit Sentul tentu ini dapat menjadi kendala, karena motor menjadi kurang stabil ketika menghantam permukaan aspal sepanjang tikungan. Tetapi selain itu saya merasa cukup puas dengan kerja sasis.

Teman saya itu kemudian memberi tahu saya bahwa ternyata sudah ada beberapa pemilik Minerva R150 yang telah mengganti CDI standard dengan CDI Racing, dan juga melakukan modifikasi / mengganti Knalpot sehingga diperoleh kenaikan performa mesin yang cukup terasa. Tentu ini menjadi berita baik untuk mereka yang mengeluh tentang kurangnya tenaga mesin Minerva.

Secara pribadi saya amat menghargai sepeda motor ini, walaupun banyak orang yang mencibir dan merendahkan Minerva R150 karena menjadi imitasi dari Honda CBR150R. Mungkin tidak semua orang bisa memiliki dana Rp. 31juta untuk menebus sebuah CBR150R baru ataupun Rp.20juta untuk yang bekas, sehingga buat mereka inilah sepeda motor yang bisa menjadi jalan keluar. Dengan kisaran harga baru on-the-road hanya  Rp.15 jutaan dan pembenahan yang terus menerus (generasi terbaru telah dilengkapi oil cooler) maka bukan tidak mungkin kita akan semakin sering melihat Minerva R150 di jalan raya.

Technical Spec, Minerva R150 :

Tipe Mesin : 4 langkah, SOHC pendingin udara/oli
Diameter x Langkah : 61 x 49.5 mm
Volume Silinder : 149cc
Perbandingan Kompresi : 9:2:1
Kopling : Manual 
Gigi Transmisi : 5 kecepatan 
Pola Pengoperasian Gigi : 1-N-2-3-4-5 
Sistem Pengapian : CDI 
Sistem Starter : Electrik & Kick Starter
Daya Maksimum : 9.5/9500 kw/r/min 
Torsi Maksimum : 10.0/7500kw/r/min

~ by 17racing on January 6, 2009.

26 Responses to “Minerva R150”

  1. boss mau tanya donk apakh minerva ini spare parts nya gampang gak?mgkn krn sy jg ada rencana mau beli ini motor nih. tp tlg infonya krn g pun budget cm segitu. thanks. g takut spare parts aja yg susah.thanks.

  2. Kayaknya klo soal suku cadang, nih motor gak ada masalah deh. Temen gw bilang klo butuh apa2 tinggal bilang dealer/bengkelnya aja kok. Klo gak ada stok mereka bakal order ke pusatnya di Sunter. Selama hampir setengah tahun ini dia gak pernah ada mslh soal mesin. Siapa tau juga bisa pake punya Honda GL, soale mesinnya khan kopian GL Pro yg sebelum neotech. Gw rasa selama pemakaiannya wajar nih motor awet2 aja deh. Klo gw punya duit lbh gw juga pengen punya sih🙂

  3. bos gw dah punya ni motor 6 bulanan, tp selama 6 bulan itu w belum dapetin cdi & kuil racing buat minerva, nah katanya kan udah banyak yang ganti maka dengan itu w butuh informasi untuk ngebeli tuh barang

    mohon bantuanya ya boz…….

  4. Wah, selama 6 bulan udah pernah ada kendala gak bro…? Ntar soal cdi racing gw tanya temen2 gw dulu ye..🙂

  5. oe boZ mimin xg gen 5 uda kLuwr tU,
    wuidih kek’y ambo nunggu mpe xg gen 6 de,
    byR msin’y d gnti ma msn DOHC ,
    hwhwhw

  6. Gw liat dari blog tetangga, katanya sih ini yg mesti diganti supaya minerva R150 tambah ngacir :

    1. Ganti leher knalpot (milik hda Tgr)
    2. Slincer Knalpot Domintion (1 atau 2 lobang sama2 oke)
    3. Ganti PJ/MJ ke 120/42 (milik hda Tgr / Mega pra)
    4. Pasang X POWER lebih jelas lihat http://www.xpower-ionizer.com
    5. Koil XP Andrion Series CMC 2 A http://www.forum-motor.com/viewtopic.php?f=51&t=219&start=0
    6. Busi Iridium
    7. CDI XP 301MC Stage02 Andrion Series ver12 http://www.forum-motor.com/viewtopic.php?f=51&t=219&start=0
    8. Bahan bakar Pertamax plus
    9. Ukuran ban jangan terlalu besar
    10. Kabel kopling : Megapro/Tiger
    11. Kopling Set : Megapro/GL Pro
    12. Per Kopling : Tiger
    13. Gear : Depan 15 (GL Pro) Belakang 39-40 (RX King)

  7. bos aku juga mo tanyak nih selain ganti CDI racing dan knalpot apa lagi yang harus di modofikasi karna minerva ku kurang memuaskan klo masalah tenaga dan larinya…..
    thanks….

  8. klu gir yg cocok buat minerva apa y?soalnya aku pingin ganti ukuran gir belakangnya.klu ada tman2 yg tau,aku butuh infonya..salam kenal dari aku echa raha

  9. klu knalpot racing tu minerva r150 ada y?

  10. ni ak mau sharing ma tmn2 udah 2bln pake minerva gw.
    gw udah bobok knalpot,lobang keluarannya dibuat lebih besar bisa ngurangin getar 20%,akselerasi juga naik. gw ganti CDI unlimiter akselerasi juga naik lalu gw ganti gir set satria FU,akselerasi SEMPURNA.skrg rencananya gw mau upgarte topspeednya ganti karbu keihin pe28 ma koil xp.selamat mencoba racunnya!pertamax!!

  11. bro…gw mo tanya nich seputar mimin ,…
    gw rencana minggu2 ini mo ambil tuch si mimin…..tapi gw mo tanya klo knalpot racing yg buat mimin cocoknya pake knalpot motor apa?
    trus harga karbu nsr ama king orisinil harga berapa?
    CDI XP 301MC Stage02 Andrion Series ver12 harga berapa?
    Koil XP Andrion Series CMC 2 A harga berapa?
    X POWER harga berapa? busi iridium berapa?

  12. ow iya….btuh dana brapa yakh buat ngebongkar minerva supaya dya bisa ngalahin CBR….tlong info.na yakh….

  13. kalo ngurangin slip kopling klo lagi panas doi masih jalan trus gmana tuh bro

  14. Bro… mau nanya

    Sebenernya Minerva itu motor China ata Germany…???

  15. Bro” smuanya…. saya mau nanya.. kok Mimin gw kalo hujan selalu mati ya.?? itu masalahnya dari mana ya, saya sudah cek businya ga masalah, apa ada masalah dari CDI nya ya ?? gw baru bli ini motor.. jadi kurang ngerti bnget..!! thk

  16. Bro gw mu nyak nech mt0r minerva gw knpa y klo kna hjan atau air k0q klo jalan ngbut tu ndet2an n ska mti atw blebek gt ya,gw cek busi’a ngk pa2,mh0n info’a c0z gw blum mngrti bngt dtnggu ya . .
    Atau hbngn kfacebook gw: putrae_drummer56@yahoo.com,dtnggu ya . .

  17. bos saya br beli minerva 6 bln yg lalu tp stelah saya rasa kan tarikannya berat bgt.mohon info beli CDI RACING di medan di toko apa yg tersedia n kaburator perlu ngk di bobok

  18. sip bro 17racing.. saya setuju dengan pendapat anda “kita semua sepakat ada uang ada barang”, jadi jgn mentang2 naik ninin250 geber didepan mimin, ya beda kelas lah bos.. selain itu mimin terus memperbaiki diri dari gen1 s/d gen7 2010

    cek this http://areeff.wordpress.com/2010/02/18/menunggangi-minerva-r150se-gen7-2010/

  19. bosss mau tanya dong gue mau ganti rem belakang minerva 150 r tapi apa yang cocok dan pas soalnya rem belakangnya terlalu ngeprres atau terlalu rekat?

  20. bro w mu tanya ada efeknya g buat daleman minerva?kl kt pke busi iridium

  21. mo ganti gera minerva enak nya pke apa yh,please dong,coz gw dah sayang bgt ma motor gw walpun minerva juga,

  22. bro2 diatas yg masih bingung s’part minerva, cekidot mudah2an manfaat :
    http://areeff.wordpress.com/2010/09/14/sparepart-minerva-r150/

  23. terlalu banyak kenangan bareng mimin,,biar dikata klonengan juga..

  24. fairing minerva r150 tu bisa gak ya di P n P k honda nsr 150r?

  25. Cdi minerva model cbr ane rusak
    low ganti
    pke punya apa..

  26. Hi, you post interesting articles on your website, you can get much more
    visits, just type in google for – augo’s tube traffic

Leave a Reply

 
