Thermodinamika : Mesin 2 Langkah (2Tak)

Mesin 2 langkah / 2 Tak pertama kali dibuat oleh Dugald Clerk pada tahun 1877.  Mesin ini dapat bekerja dalam siklus Otto ataupun siklus Diesel, bergantung kepada aplikasinya. Penggunaan yang umum dari mesin 2 Tak adalah mesin ber cc kecil seperti gergaji mesin, mesin potong rumput, sepeda motor dan bahkan mobil berukuran kecil.

Bila dibandingkan dengan mesin 4 Tak, ada beberapa keunggulan yang bisa didapat dengan menggunakan mesin 2 Tak yaitu :

1. Konstruksi Sederhana ; pada mesin 2 Tak umumnya tidak digunakan mekanisme katup sehingga jumlah komponen yang bergerak pun menjadi lebih sedikit. Ini membuat dimensi mesin menjadi lebih kecil, serta bobotnya lebih ringan. Selain itu proses perawatannya pun menjadi lebih mudah.

2. Fleksibilitas Orientasi Posisi ;  karena sistem pelumasan mesin 2 Tak tercampur langsung dengan bahan bakar, maka perubahan posisi mesin tidak akan mempengaruhi efisiensi pelumasan. Ini adalah alasan mengapa gergaji mesin menggunakan mesin jenis ini.

3. Produksi Daya Lebih Besar ; untuk kapasitas mesin yang sama, mesin 2 Tak dapat memproduksi daya yang lebih besar dibanding 4 Tak. Tidak seperti 4 Tak yang melakukan pembakaran setiap 2 kali perputaran Crankshaft/poros engkol, pembakaran mesin 2 Tak terjadi pada setiap 1 kali perputaran poros engkol. Jumlah pembakaran yang lebih banyak inilah yang membuat daya yang dihasilkan lebih besar, namun juga membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih boros.

arbeitsweise_zweitakt2

 

 Untuk melihat animasi gambar diatas silahkan click gambar berikut :

 

Sementara itu bagian-bagian yang utama dari sebuah mesin 2 Tak adalah sebagai berikut :

bagian21

 

Sedangkan untuk sistem pembilasan (Scavenging) mesin 2 Tak dikenal beberapa metoda berikut :

img_0002b

Gambar diatas saya rasa cukup jelas mendeskripsikan jenis – jenis proses pembilasan yang ada. Diantara metoda pembilasan diatas, Schnurle Loop Scavenging adalah yang paling umum digunakan termasuk untuk mesin sepeda motor 2 Tak yang biasa kita pakai.


67 Responses to “Thermodinamika : Mesin 2 Langkah (2Tak)”

  1. good post bro….

    nambah lagi wawasan gw ttg otomotif khususnya roda 2

    tks bro

  2. Good ….3x
    bagus tuh bro bt nambah wawasan para pecinta roda 2. Ok… I tgg post yg laennya yeh.
    Thanks 4u

  3. Welcome u all. Ntar tak lengkapi lagi otreh…

  4. klo bisa yg 4 tak juga bro…secara cibi600 yg drmah pgn servis sndiri… 😀

  5. setuju gw dgn brories 4tak perlu tuh… coz biar gw bs servise sdr d rmh..🙂

  6. @melaki

    ikut2an aja lu!!

  7. eh… suka2 gw donk… emangnya lu aja yg punya 4 tax….🙂 awas lu ris gak akan gw traktir lu..

  8. hikhikhik…. masa sesama japustara saling sikut. ntar aq laporin sm yg py.

  9. aris ni gimn … aq bantuin jg biar op 4taxnya keluar…. eh mlh sewot. :-<

  10. Seru juga liat anak2 japustara. Persaingannya seru benerrr!!!🙂

  11. Tau tuh… aries lg M x… bawaannya marah2 mll. pantes dia gak dpt2 anak sma soalnya galak sich…🙂

  12. Waduh, gimana tuh broRies,… Gimana mo dapet rok abu2 klo dirimu ikut M , wakakakak….

  13. aries makanya jgn byk makan yg asin2…. ntar darting lg n gak dapet yg rok abu2….hehehehehehe

  14. bodo ach! rok abu2 ‘ketek’nya bau kecut kali ya…🙂

  15. Oooo, menurut pengalaman BroRies kebanyakan rok abu2 itu kecut🙂

  16. Gimana g kecut…. orang dia gak pernah dapet abu2nya…. 🙂

  17. Berarti ada 2 kemungkinan nih :
    1. Kecut karena gak dapet2, ato
    2. Setiap dapet ya dapetnya yg kecut mulu
    🙂🙂🙂

  18. Kasihan amat yah brories….. !!!! kl gt gw ksh saran bt km dech:
    1. Mandi kembang 40 mcm
    2. Mandi 7 sumur🙂🙂🙂

  19. Termasuk sumur yg di Porong-Sidoarjo🙂

  20. rese lu pade…

  21. hahahaha………….

  22. BroRies terbantai…🙂

  23. 🙂 gw dikeroyok mulu dech ah..!

  24. kacian dech….

  25. sus atin bantuin dong…..

  26. so… bantuin apa??? 8- >

  27. ntar aq bantuin kl ada acr aja yah…. ciwidey kan?🙂

  28. yup ciwideuy….tggu d Bdg apa jln bareng dr Jkt?

  29. Asiknya sik bareng dari jakarta yach jd seru gitu…… ga apa2 deh aq sbg guidenya🙂
    kan kalau persiapan tempat dah pasti NMC bandung nyiapin.

  30. tp nti klo bln Maret jgn ciwideuy ach..secara Insya Allah tgl. 14 ini gw k Bdg ikut ma ank2 NMC Bdg jln2 k ciwideuy coz klo ma ank2 NMC Jkt pesimis gagal lagi….sdh 2X gagal bro, cuma ngubek blek di kota Bdg aja jadinya…..ujung2 ke tg’perahu, hikss

  31. GATOT = GAGAL TOTAL🙂

  32. sebenarnya sih kl menurut ane yg org bandung….
    1. Ciwidey itu kurang bagus n jalannya jg sempit n apalagi sore tuh macet. (emang dingin jg)
    2. Tangkuban Perahu lumayanlah asli ke gunung n slm perjalanan ksn jg ada tempat2 yg nyaman u/ disinggahi.
    3. Apa NMC pernah ke Sariater??? Dsn tuh komplit mo mancing,flyingfox,Gokart/ATV, ATV Adventure ke hutan yg asri dll. btw pemandian air panasnya jg lebih bersih,bagus dan asli dr gunung.

  33. Wah, boleh juga tuh!!!!!

  34. Nah… ntar aq sumbang dech u/ penginapannya scr perusahaanq kan sdh corp dgn sariater.

  35. Wah… Gimana nih brories….

  36. @melati
    hrs dipertimbangkan & diperjuangkan pd rapat internal club, cuma bisa dipertanggung jawabkan ga sus….
    nti giliran sdh oke, ga taunya gatot lagi kyk kata bro 17racing

  37. kl mslh itu beres…. yg penting ntar jelas berapa org yg brgkt n tgly. jd jauh2 hr aq dah bisa ngebook tmpt dsn. (yg jls d aqnya sip… yah nti yg tiba ngebatalin diono lg).

  38. Next kumpul berarti lgsg dibicarakan ya…

  39. aq tgg kbr kbrinya yeh…

  40. okd

  41. ini jadi trit oot smua yah…???😆

    ad orang bandung jg nich disini…hehe…

  42. loh…. oot2 juga nyambung…!!!🙂
    bilang aja kl bronath mo ikutan … hbs aq mau msk di forum susah buanget n kl dsn kan gampang bow.

  43. Abisnya, oot khan udah tradisi hehe…🙂

    Forum web NMC lg susah diakses member baru semenjak dulu sang admin terkendala sakit…

  44. nah denger tuh bronath…. kan tradisi oot diawali di forum!!!
    tul gak…😉

  45. iya sich aq dah tau.. secara gitu aq kan dah sejak bln mei thn lalu tuh sbg pemerhati web NMC.
    nah denger tuh bronath….
    kan tradisi oot sudah sejak lama diawali di forum web NMC..!!!
    tul gak…😉

  46. Waduh, sejak mei tahun lalu… Pokoke klo administrasi web NMC udah berjalan normal lagi sodari melati mesti di approve sebagai member tuh hehe..
    Emang sebaiknya gak oot tapi kita disini sih asik2 aja deh. Yg penting komunikasi tetep jalan. Ntar klo waktu senggang gw rapih2in lg komen2nya okeh… hehe cheers

  47. Nah itu dia yg paling penting wlpn OOT tp asyik2 aja n persaudaraan tetap no.1 dan itu yg aq sk dr club yg 1 ini. is the best pokoknya….. thanks.

  48. lha kan gw master mslh oot…

  49. B-)

  50. ini urang bandung rajin jg ol yah…😆

  51. Kayaknya klo lg gawe kerjaannya OL mulu nih hehe… Ntar boss ngomel lho🙂 , iya gak bro master oot..eh..bro Nathan?🙂

  52. ktny pingin ada cey biar g garing…. eh dah ad diprotes????
    yah kalau kerja tuh jgn terlalu serius … musti ada refresingnya.
    so wlpn sambil ol tp kerjaanq beres…rees…rees.
    Lagian sipa yg berani marahin aq d ktr…. ;->

  53. Berarti melati ini adalah seorang profesional sejati, hiburan jalan terus tapi kerjaan beres..res..res..!! Salut euy… good

  54. ya begitulah…🙂

  55. wah… ada yg msh bingung ttg aq tuh ;;)

  56. Iya nih bingung …. ngung…ngung…ngung…

  57. pegangin bro…eh salah pegangan maksudnya nti copot! 😀

  58. 🙂🙂

  59. Nih udah copot.. eh .. maksudnya apa yg copot?🙂

  60. kepala kalee…. masa yg bingung…ngung kaki !!!!🙂

  61. Helm nya copot, kepala sih tetap menempel dengan aman..😀

  62. yuuuuuukkkkkkkkk…. lagian helmnya simpen tuh jgn dipake terus!!!🙂 kyk tkt ketiban duren aja.🙂

  63. di bandung ada yg mo jual NSR RR150 ’01 merah putih.. (berminat hub: T. 87820895/0811219713)- (Hrg Nego)

  64. T teh saha ?🙂 Ada fotonya gak? Mo di iklanin di web NMC jg ya…

  65. iih g komplet woi

  66. […] 17racing.wordpress.com […]

  67. […] 17racing.wordpress.com […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: